Friday, June 12, 2009

Ujian yang Konyol


Alkisah hari Rabu di Kampus ada pengumuman siapa-siapa aja yang ga lulus ujian OSCE kemaren. OSCE itu singkatan dari hmmm.. Oo.. O-nya apa yah? S-nya? kalo C? E-nya tuh Examination bukan? Hehehe dengan kata lain, gw lupa panjangannya apa. Pokoknya itu tuh ujian dimana kita main dokter-dokteran. Dari 15 station atau dari 15 topik yang ada, dengan tidak disangka gw ga lulus di station Neonatal Resuscitation. Alhamdulillah banget. Karena banyak orang yang ga lulus dan harus remedial lebih dari 3 station. Berarti beruntung banget dong, dan remedial dilaksanakan hari Jumat jam 7 pagi. Ya udah gw baru belajar Kamis malem dan cuma 1 jam saja.

Hari Jumat pun tiba. Pagi-pagi jam 5 bangun. Solat. Mandi. Sarapan. Jam 6 lebih 5 berangkat. Jam 1/2 7an nyampe kampus. Ternyata orang-orang udah ngumpul. Wah rajin banget yah, tumben-tumbenan. Dan ternyata sistem remedialnya tidak seperti yang dibayangkan. Jadi kita semua harus baris di depan gedung a3 (beberapa ada yang di gedung a5) sesuai dengan station masing-masing yang ga lulus. Terus nanti dipanggil menurut orang yang barisannya paling depan. Okey, gw udah baris ke-3 dari depan. Tinggal nunggu dipanggil.

Nunggu. 15-30 menit kemudian ada bapak-bapak yang manggil. "Resusitasi 4 orang!". Yay Me! Gw bersama 3 orang teman lainnya pun masuk ke gedung a3. Tapi ada bapak-bapak satu lagi muncul dan bilang. "Eh jangan dulu masuk, belum.. belum.." Yaaaahh...

Kita nunggu lagi. Nunggu. Dan nunggu lagi. 1 jam pun berlalu. Kitapun bingung kok mereka kaya sibuk banget, para dokter penguji pada keluar. Dan terlihat mereka seperti sedang memperbincangkan suatu masalah yang seru. Ada apakah gerangan? Terus gw juga melihat, kok ada beberapa dokter yang pulang? Makin ga beres aja nih. Tiba-tiba ga lama kemudian, Kang Ucup -salah satu pegawai yang ngurusin ujian- keluar dan mengumunkan bahwa ujian DITUNDA sampai waktu yang tidak bisa ditentukan. Katanya sih gara-gara datanya banyak yang salah. Yang harusnya Failed tapi Pass, terus yang harusnya Pass malah Failed. Jadi data kelulusan tersebut harus direvisi lagi. Yang lebih buruknya lagi. Katanya kemungkinan diundur sampai awal Juli dan Judiciumnya jadi diundur pula, jadi sekitar pertengahan Juli. Oohh.. Rencana liburan kacau!

Akhirnya Kang Ucup bilang kalo semuanya harus nunggu dulu disini selama setengah jam dimana mereka mau ngomongin dulu tanggal yang pastinya. Akhirnya para mahasiswapun menyerbu bapak-bapak pegawai. Dan ga sedikit yang memuncratkan kemarahannya kepada bapak-bapak tersebut. Kebanyakan sih yang protes itu mahasiswa dari Malaysia yang udah pesen tiket pesawat tanggal 29 Juni.

Jadinya setelah pertimbangan sana-sini, dan katanya ada salah satu Pembantu Dekan yang tidak perlu disebutkan namanya ngotot kalo remedial harus tetep dilaksanain jam 1 siang, jadilah ujian remedial dilaksanain usai Jumatan dengan kondisi dosen penguji yang seadanya. Dan itu diumumin pas cuma ada segelintir orang yang masih bertahan disitu. Gw hanya bisa tertawa denger keputusannya, saking ngaconya pikiran gw. Konyol banget fakultas.

Akhirnya kita semua nunggu. Nunggu lagi. Ga bosen-bosennya kita nunggu. Akhirnya gw balik ke depan gedung a3 jam 12-an, eh taunya antriannya udah panjang. Yaudahlah gapapa, asal antriannya tertib aja. Jam 1an akhirnya ada beberapa station yang dipanggil. Salah satunya resusitasi. Sayangnya gw tidak ada di barisan depan, gw pun hanya bisa terdempet diantara orang-orang yang ga nyantai, hehe. Pokoknya seru lah, kaya yang mau dibagiin sembako. Rebut-rebutan. Saling serobot. Sangat mencerminkan orang Indonesia sekali. Dan disini juga gw hanya bisa tertawa.

Kemudian 2 orang temen gw yang tadi udah dipanggil buat ujian resusitasi keluar lagi. Ini bagian yang parah banget. Katanya dokter yang nguji resusitasi disuruh buat nguji Antropometri dulu. Katanya karena orang yang diremed Antropometri lebih banyak dari Resusitasi. Jadinya diduluin yang Antropometri. Argh. Apaan sih? Makin konyol aja. Walaupun gitu. Gw sih tetep aja ngantri. Haha.. Sambil kita berorasi : SELAMATKAN RESUSITASI, SELAMATKAN BAYI!

Terus ada pengumuman. Orang-orang yang mau remed di salah satu dari 5 station, yang udah ditentuin apa aja stationnya itu, boleh ngantri di dalem gedung. Dan ternyata Resusitasi ga termasuk. Huuh ya sudah gw diluar bersama yang lain. Jam 1/2 3 tiba-tiba ada salah satu temen yang bilang udah remed resusitasi. Loh? Loh? Kan dokternya masih nguji yang laen. Tapi kata dia masuk aja ke dalem. Ya udah akhirnya gw masuk ke dalem. Terus di dalem gw nyempil-nyempil dan maen serobot aja, akhirnya sampailah di barisan depan. 15 menit kemudian, ada bapak-bapak yang bilang "Resusitasi 2 orang!". Yay yay yay. Akhirnya dengan ga nyantai dan rusuh gw ngacungin tangan dan buru-buru masuk ke station Resusitasi. Pokoknya heboh banget lah.

Finally! Masuklah ke station Resusitasi. 10 menitan gw di dalem. Dan dosen pengujinya pun ga santai. Tiap gw ngomong selalu dipotong. Huaah, mungkin dia juga udah cape. Tapi dibalik itu semua dia baik, dia ngajarin cara Resusitasi yang BAIK dan BENAR. Gw ga tau lulus ato ga. Semoga aja iya. Soalnya yang ga lulus langsung dikasih tau dan disuruh ngulang lagi dan belajar dulu disitu. Hmm semoga aja..

Jam 3an selesai deh. Jadi nunggu 8 jam hanya untuk 10 menit. Tapi untung deh ga sampe camping di kampus. Lalu gw keluar dengan perasaan yang ringan. Hawa-hawa liburan mulai terasa. Oooh. Terus liat antrian. Wuiih gila masih banyak banget yah orang-orang yang belum diremed. Dan ga sedikit juga yang remednya lebih dari 3. Wah wah, gw bersyukur banget cuma remed 1 station. Keluar dari station langsung bebas. Malah ada station yang baru dipanggil jam 5an. Terus ada juga yang jam 7 baru selesai. Kasian. Semangat yah semuanya.

Yah pokoknya itulah ujian terkonyol, terusuh, ter-ga-santai yang pernah gw alamin. Walaupun kecewa dengan kekacauan sistem yang ada, tapi ya udahlah yah. Nikmatin aja. Toh ga ada ujian yang seunik ini selain di FK. Harusnya kita bangga dengan ujian yang konyol ini. Loh? Ngaco. Haha. Emang ujian OSCE sensasinya ga ada yang ngalahin. Seru Banget! Semoga tahun depan bisa lulus semuanya. Kalo ada yang diremed-pun sistemnya jangan sekacau yang sekarang. Ayo dibenerin lagi!

2 orang kurang kerjaan:

Eri Widianto on June 18, 2009 at 8:40 AM said...

Mantap banget tuh ada yang jam 7 baru selese... hahaha...

Shakiena Adenan on June 19, 2009 at 9:45 PM said...

malah ada yang jam 9an baru selesai.. paraah

 

supercalifragilisticexpialidocious Copyright © 2008 Black Brown Art Template by Ipiet's Blogger Template