Wednesday, November 26, 2008

tayangan pembodohan bangsa


sebenernya ditulis tanggal 13 November 2008

akhirnya ada juga bahan yang bisa ditulis. terinspirasi dari ibu dan tante saya yang sedang menonton TV dengan heboh sendiri.. hehehe. silakan dinikmati. maaf kalo terlalu beremosi. ini hanya pendapat yang keluar dari otak saya secara spontan. maaf sekali lagi.

infotainment : sebenernya infotainment ituh adalah informasi dari dunia entertainment. mungkin awalnya ini cuma berisi tentang kehidupan artis-artis yang diliput oleh para jurnalis. dan para fans artis tersebut bisa tau apa sih yg disukain dariartis favorit mereka? apa sih kegiatan sehari-hari artis favorit mereka? dimana sih rumahnya? siapa sih pacarnya? siapa sih istrinya? anaknya berapa sih? dan akhirnya menjurus ke permasalahan pribadi. kaya cerai, ribut sama mamanya, ga ngakuin mamanya lah, ngaku2 bapanya lah, anaknya diambil ama mantan suaminya lah.. huhuh. trus kalo ada artis kalo nikah ga ngundang wartawan atau istilahnya “nikah diam-diam”, sama wartawan dikatain sombonglah, ga ngehargain wartawan, atau malah lebih tragisnya digosipin hamil di luar nikah.. parah banget ga sih? trus lebih parahnya lgi, kalo ada artis yang terkena kasus hukum, kalo aku nonton “infotainment” tuh wartawan bukannya netral malah kesannya memihak, memojokkan pihak tertentu. itu namanya bukan JURNALIS SEJATI!!. parah banget sih. dan yang lebih parah, biasanya yag dikatakan wartawan tuh meracuni pikiran ibu-ibu yang menontonnya, dan membuat ibu-ibu yang setia nonton infotainment itu ikut-ikutan sebel ama tuh artis. dan yang lebih ironis lagi, ibu-ibu penonton setia infotainment ikut-ikutan sibuk mencari info dengan menonton infotainment di semua channel yg menayangkan program tersebut. haduh, kaya yang besok bakalan ada test-nya aja. terus para wartawan infotainment itu mencari berita suka ga penting. mungkin saking kreatifnya wartawan yah? jadinya nyari berita dari manapunlah.. misalnya niih.. ada artis, sebut saja dia melati, dia katanya punya friendster, dan di friendsternya itu dia nulis bakaln nikah sama pengusaha dari negeri seberang. dan selanjutnya wartawan memberitakan seperti layaknya berita yang keluar langsung dari mulut si artis. emangnya udah pasti di friendster itu beneran si melati? siapa tau orang iseng yang mengaku dirinya melati dan iseng nulis kaya gitu. lalu juga ada berita artis yang foto syuuuuuurrr dan fotonya disebarkan lewat internet, dan diperlihatkan oleh wartawan, dan ditayangkan di TV. lalu? yaaa si artis malu lah fotonya diliatin ke khalayak ramai, dan dipojokkan oleh orang2 dan dicap sbg orang ga bener. dan ketahuan kalo fotonya itu diambil wartawan dari facebooknya artis itu. dan fotonya ternyata ga seheboh yang diberitakan. itu kan foto dokumentasi pribadinya, wartawan seenaknya gitu ngeberitain. emang sih, si artis juga salah, masang foto pribadi di facebook kalo ga mau diliat ama orang lain. ya sudahlah lupakan itu infotainment yang membuat saya semakin muak..

sinetron : sama parahnya lah. kalo ini akibat kurangnya kreativitas para pembuat sinetron. dan meningkatnya wabah virus plagiat yang menyerang para pembuat sinetron. padahal dulu waktu aku kecil, aku kan suka nonton sinetron, gara2 ibu aku tuh. paling inget tuh sinetron JANJIKU, yang main paramitha rusady.. hahaha rame tuh, dan ceritanya orisinil ga niru2. dan perubahan pun terjadi. berawal dari sinetron yang ceritanya ngikutin cerita serial dari jepang, korea, dll. dan kalo aslinya cuma 20-30an episode, saking kreatifnya orang Indonesia, bisa jadi 100an episode.. wuuuuaaa hebat sekali orang Indonesia. lalu berubah, jadi trend judul sinetron = judul soundtracknya. kemudian jaman berubah. trend baru yang muncul yaitu judul pake nama tokoh utama cewenya. contoh : Intan, Jameela, Kasih, Cahaya, Bintang, Bulan (emang ada yah? ngaraaaannng..) ataupun judul yang depannya pake “cinta”. contoh : cinta indah, cinta bunga, cinta fitri, cinta fitri season 2 (beuh sok2 pake season hahaha). oiya ada yang lupa, dulu juga pernah kan trend judul yang pake kata depan ter-, contoh : tersayang (yang topinya pun jadi trend di masyarakat), tersanjung, terserah deh apapun laaah.. dan yang lebih parah sinetron sekarang ceritanya ga ada konflik, dan ceritanya gitu2 aja.. ya gitulah.. cewenya dari orang ga punya.. atau dia anak yatim piatu.. trus dia jatuh cinta ama cowo anak orangkaya, tapi ga disetujuin ama orang tuanya. akhirnya kawin lari, trus punya anak, trus anaknya udah gede, trus anaknya punya anak lagi.. laaaaahhh.. mau ampe mana tuh cerita. plis deh.. trus anehnya lagi di salah satu stasiun televisi swasta, sinetron tuh jadi PRIME TIME.. huhuh aneh banget.. sampe jam 11 malem lagi. bayangin dong tante aku merajai TV dari jam 8 ampe jam 11 malem hanya untuk menonton marathon sinetron, yang ceritanya sama2 aja (menurut saya). malah film2 hollywood yang bermutu ditayanginnya abis sinetron itu jam 11 malem. parah orang Indonesia sukanya sinetron. udah tau membuat otak ga berkembang, eh masih ditonton juga..

sebenernya masih banyak tayangan pembodohan.. tapi penulisnya cape.. mau ngerjain LI juga.. besok Li euy.. hahaha.. nanti diterusin lagi deh

next : reality show (beneran reality?), talkshow pembodohan, dan lain-lain

tungguin yaaah

0 orang kurang kerjaan:

 

supercalifragilisticexpialidocious Copyright © 2008 Black Brown Art Template by Ipiet's Blogger Template