Thursday, April 2, 2009

sanguin, koleris, melankolis, atau phlegmatis ?


Ternyata NBSS (neourobehavior and special senses) -sebuah mata pelajaran yang dipelajari oleh mahasiswa FK Unpad ketika di semester 4- membuka mata gw untuk jadi lebih bisa mengenal pribadi sendiri. Gw terinspirasi menulis ini karena ada salah satu teman dari group tutorial saya yang membahas Learning Issue-nya tentang Personality Types. Tipe-tipenya itu dibagi menjadi 4, yaitu Sanguin, Koleris, Melankolis, dan Phlegmatis. Di masing-masing penjelasan tiap tipe, gw sadar bahwa terdapat sifat-sifat yang gw miliki. Kalo kata temen, emang masing-masing orang pasti punya sifat-sifat dari semua tipe yang ada, tapi tiap orang beda dominasi yang mana.

1. Sanguin
tipe orang yang mempunyai energi besar, suka bersenang-senang, dan supel. Mereka suka mencari perhatian, sorotan, kasih sayang, dukungan, dan penerimaan orang-orang yang disekitarnya. Suka memulai percakapan dan menjadi sahabat nagi semua orang. Biasanya optimis dan selalu menyenangkan. Namun, ia tidak teratur, emosional, dan sangat sensitif terhadap apa yang dikatakan orang terhadap dirinya. Dalam pergaulan, orang sanguin sering dikenal sebagai "si tukang bicara".
Comment :
Secara keseluruhan sanguin=bukan gw banget. Tapi ada beberapa hal yang gw kira-kira itu adalah sifat gw yaitu : suka bersenang-senang, tidak teratur, dan emosional.


2. Koleris

suka berorientasi pada sasaran. aktivitasnya dicurahkan untuk berprestasi, memimpin, dan mengorganisasikan. menuntut loyalitas dan penghargaan dari sesama, berusaha mengendalikan dan mengharapkan pengakuan atas prestasinya, serta suka ditantang dan mau menerima tugas-tugas sulit. tapi mereka juga suka merasa benar sendiri, suka kecanduan jika melakukan sesuatu, keras kepala, dan tidak peka terhadap perasaan orang lain. sering diidentifikasikan sebagai "si pelaksana".
Comment :
Kalo diliat-liat. hmmm. gw jauh dari personality tipe ini. tapi ada beberapa yang sama yaitu : gw yang suka kecanduan kalo melakukan sesuatu, keras kepala, dan juga gw suka ga peka ama perasaan orang lain. haha..


3. Melankolis

cenderung diam dan pemikir. berusaha mengejar kesempurnaan dari apa yang menurutnya penting. butuh ruang dan ketenangan supaya mereka bisa berpikir dan melakukan sesuatu. berorientasi pada tugas, sangat berhati-hati, perfeksionis, dan suka keteraturan. karenanya sering kecewa dan depresi jika apa yang diharapkannya tidak sempurna. sering diidentifikasi sebagai "si perfeksionis" atau "si pemikir".
Comment :
Yap. tipe ini banyak yang samanya kaya gw yang cenderung selalu diam, tapi untuk mikir atau berbuat sesuatu gw ga butuh ruang atau ketenangan. gw juga emang sangat berorientasi pada tugas, perfeksionis, tapi ga suka keteraturan. dan yang bener-bener gw sadar lagi gw tuh sering kecewa ama diri sendiri tapi ga sampe depresi juga kalo pekerjaan yang gw kerjain ga sempurna seperti apa yang diharapkan. hwehehehe.. gw banget dah!


4. Phlegmatis

seimbang, stabil, merasa diri sudah cukup, dan tidak merasa perlu merubah dunia. tidak suka mempersoalkan hal-hal sepele, tidak suka risiko atau tantangan, dan butuh waktu untuk menghadap perubahan. kurang disiplin dan motivasi sehingga suka menunda-nunda sesuatu. kadang dipandang sebagai yang lamban. bukannya karena ia kurang cerdas, tapi justru karena ia lebih cerdas dari orang lain. tak suka keramaian atau banyak bicara. namun, banyak akal dan bisa mengucapkan kata yang tepat, sehingga cocok menjadi negosiator. kadang diidentifikasikan sebagai "si pengamat".
Comment :
Hohoho.. yah ada beberapa yang sama lah. contohnya butuh waktu untuk menghadapi sebuah perubahan. kaya yang gw susah dan butuh waktu lebih buat beradaptasi dengan suatu lingkungan baru. trus gw juga kurang disiplin dan motivasi, jadinya suka nuna-nunda kerjaan. ga suka di tempat yang ramai dan juga gw ga suka kalo banyak bicara. karena gw orangnya suka yang banyak bertindak.. yayaya

Nah, kalo disimpulkan gw itu kombinasi melankolis-phlegmatis. kalo di LInya temen penjelasan melankolis-phlegmatis itu : intovert, pesimis, dan lembut. melakukan segala sesuatu dengan sempurna dan tepat waktu, tidak mau mengambil sikap kontrotatif. akan mudah terkuras energinya jika berurusan dengan orang lain.
Comment :
Okay! sifat-sifat yang diatas itu gw banget deh! ahaghaghag.. gw yg intovert, sangat pesimis, lembut sih ga yaah.. hehe.. pokony yang hampir mendekati personality gw itu = melankolis=phlegmatis.

hihihi, sekian pencarian sifat tentang gw sendiri. semoga ini bisa menyadarkan personality teman-teman yang sebenernya! haha, selamat mencari seh!

2 orang kurang kerjaan:

T a M i on April 3, 2009 at 10:41 PM said...

wuaahh..

kok ada LI kayak gt si shaq??
enak bangeet..

aq mau deh,
dpt LI itu....

hheee...

btw,
berarti qt kebalikan shaq.
aq = sanguinis-koleris

hheee...

Natasha Setyasty Primaditta on April 10, 2009 at 3:36 AM said...

hiahhh pembicaraan dengan kang andrew ini akhirnya dimasukan juga hahaha

 

supercalifragilisticexpialidocious Copyright © 2008 Black Brown Art Template by Ipiet's Blogger Template